Albi Arjani (BP’15) – 1 st Winner in “My Innovation Online Video Competition – Paragon Innovation Summit 2018 ”

Penulis : Ihak Sumardi, Ph.D

Paragon Innovation Summit yang diadakan di Sabuga pada tanggal 12-14 Oktober 2018 menghadirkan Bintang tamu ternama diantaranya Ridwan Kamil (Gubernur Jabar), Najwa Shihab, Riri Riza, Salman Subakat, Tulus dan lain lain. Sebelum acara tersebut diselenggarakan Paragon mengadakan lomba membuat Inovasi dan dideskripsikan dalam foto atau video dengan tema “My Innovation”. Peserta yang menjadi finalis akan diundang secara langsung ke acara puncak Paragon Innovation Summbit 2018.

Salah satu mahasiswa Teknologi Pascapanen SITH  ITB Albi Arjani menjadi finalis dengan inovasinya membuat sebuah Tissue Pembersih Residu Pestisida dan Mikroorganisme yang berbahaya bagi Kesehatan. Komposisi tissue tersebut terbuat dari bahan alami yang murah dan mudah serta dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Inovasi sederhana ini diharapkan dapat membantu masyarakat menjaga kesehatannya, dimana dinegara berkembang masyarakat pada umumnya lebih memilih harga yang murah tanpa memikirkan kualitas suatu produk, dengan tissue ini masyarakat dapat dengan praktis langsung mengkonsumsi buah buahan yang dibeli di pedagang kaki lima (pedagang tradisional) hanya dengan mengelapnya dengan sebuah tissue.

Tissue ini dapat membersihkan residu pestisida dan mikroorganisme yang berbahaya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu menunggu untuk sampai ke rumah untuk menikmati buah buahan segar siap makan. Inovasi inilah yang menghantarkan Albi (TPP 2015) mendapatkan Juara 1 video competition Paragon Innovation Summit 2018.

Albi berharap tissue nya ini bisa dikembangkan dan menjadi sebuah alternatife bagi masyarakat maupun pedagang buah buahan tradisional sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dari segala aspek baik Kesehatan, Ekonomi dan Kesejahteraan.

Berita Terkait

IndonesiaEnglish